SELAYANG PANDANG TERBENTUKNYA PERSEKUTUAN WARGA BEILOHY AMALATU (PERWABA)

 

Terbentuknya Persekutuan Warga Beilohy Amalatu Kota Ambon atau disingkat PERWABA Kota Ambon, berawal dari keinginan warga Ullath yang keluar merantau dari Negeri Ullath atau Negeri Beilohy Amalatu dan berdomisili di Kota Ambon yang berkeinginan untuk bersekutu membangun kebersamaan selaku anak Negeri Beilohy Amalatu dalam suka dan duka.

Terdorong oleh keinginan bersama Warga Beilohy Amalatu yang ada di Kota Ambon, maka pada tahun 1967, beberapa tokoh masyarakat Ullath berinisiatif melakukan pertemuan warga dan menyepakati membentuk sebuah wadah organisasi dengan nama "Muhabeth Beilohy Amalatu" dan sekaligus membentuk kepengurusan dengan komposisi Bpk A. J. Matulessy (Ketua), Bpk Zadrak Litaay (Wakil Ketua) dan Bpk Drs. C. Nikijuluw (Sekretaris). Orientasi awal pembentukan wadah "Muhabeth Beilohy Amalatu" saat itu lebih diutamakan pada masalah pelayanan orang duka (meninggal dunia).

Sejalan dengan perkembangan Kota Ambon tentu kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh warga Beilohi Amalatu yang berdomisili di Kota Ambon juga semakin meningkat. Seiring dengan hal itu maka setelah 25 tahun usia organisasi "Muhabeth Beilohy Amalatu" tepatnya tanggal 17 November 1992, generasi penerus melakukan musyawarah dan menghasilkan keputusan untuk mengganti nama organisasi warga Ullath di Kota Ambon menjadi "Persekutuan Warga Beilohy Amalatu" Kota Ambon disingkat "PERWABA", dan sekaligus dilakukan perubahan kepengurusan dan menetapkan Bpk Drs. C. Nikijuluw (Ketua), Bpk. M. Siahaya (Wakil Ketua) dan Bpk Lois Paays (Sekretaris).

Perubahan nama organisasi sejalan dengan perubahan peran, fungsi dan tujuan organisasi itu sendiri dan PERWABA dibentuk guna mengukuhkan dan menumbuhkembangkan rasa persekutuan antar warga Ullath atau warga Beilohi Amalatu yang berdomisili di Kota Ambon untuk membina kebersamaan atas dasar "KASIH" yang bersumber dari "KASIH YESUS KRISTUS".

Mengingat warga Beilohy Amalatu tersebar di seluruh wilayah Kota Ambon dan desa sekitar Kota Ambon, maka kendala yang muncul adalah pelayanan dan komunikasi antar warga tidak efektif sebagai akibat dari daerah pelayanan yang sangat luas. Mengatasi hal ini Persekutuan Warga Beilohy Amalatu (PERWABA) membentuk 6 (enam) pengurus cabang pelayanan yang terstruktur di bawah pengurus pusat PERWABA Kota Ambon. Penetapan 6 (enam) pengurus cabang pelayanan ini diilhami oleh sejarah terbentuknya Negeri Beilohy Amalatu oleh para leluhur pada abad XV, di mana saat itu para leluhur berdiam diri di gunung dan menempati 6 (enam) daerah kediaman, yaitu Amalatu, Italili, Sopake, Jelesi, Nokau, dan Putimahu. Ketika itu pusat Negeri berada di Amalatu yang sekaligus sebagai pusat pemerintahan.

Berdasarkan pemikiran ini maka wilayah pelayanan warga Ullath yang terhimpun dalam "Persekutuan Warga Beilohy Amalatu" Kota Ambon dibagi ke dalam 6 (enam) daerah pelayanan atau 6 (enam) cabang, yaitu:

  1. Cabang Siloam, meliputi daerah Belakang Soya, Mardika, Karang Panjang, Batu Merah, Tanah Tinggi, Skip dan sekitarnya.
  2. Cabang Elim, meliputi daerah Kudamati, Benteng, Bunung Nona, OSM, Amahusu, Latuhalat dan sekitarnya.
  3. Cabang Karmel, berpusat di Batu Gantung dan meliputi Mangga Dua, Tanah Lapang Kecil, Kampung Ganemo dan sekitarnya.
  4. Cabang Zaitun, meliputi daerah Batu Gajah, Batu Meja, Pulugangsa, Waititar dan sekitarnya.
  5. Cabang Tiberias, berpusat di Paso, meliputi Desa Galala, Desa Hative Kecil, Desa Halong, Negeri Suli, Durian Patah, Hunut dan sekitarnya.
  6. Cabang Getsemani, berpusat di Rumah Tiga, meliputi Poka, Wayame, Hative Besar, Laha dan sekitarnya.

Sejalan dengan tuntutan organisasi, maka sampai dengan saat ini Persekutuan Warga Beilohy Amalatu (PERWABA) telah melaksanakan 2 (dua) kali musyawarah, yaitu MUSYAWARAH I pada tanggal 31 Maret 2007 untuk memilih ketua dan penetapan kepengurusan periode 2007-2011 sekaligus menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) Persekutuan Warga Beilohi Amalatu dan MUSYAWARAH II pada tanggal 9 Oktober 2911 untuk memilih ketua periode 2011-2015 dengan kepengurusan sekaligus juga revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persekutuan Warga Beilohy Amalatu.

 

Pencarian

Kalender

October 2014
SMTWTFS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

User Online

We have one guest and no members online


Pengunjung

13697
Hari iniHari ini5
KemarinKemarin33
Minggu iniMinggu ini132
Bulan iniBulan ini38
TotalTotal13697
Tertinggi 07-26-2013 : 67
Statistik created: 2014-10-02T01:51:42+07:00
54.80.36.69
US
UNITED STATES
US
Logged In Users 0
Guests 1

This page uses the IP-to-Country Database provided by WebHosting.Info (http://www.webhosting.info), available from http://ip-to-country.webhosting.info